Pengembangan Kurikulum Madrasah Berorientasi Pencapaian Kompetensi 531

Pengembangan Kurikulum Madrasah Berorientasi Pencapaian Kompetensi 531

by LMS Yunandra -
Number of replies: 0

Kurikulum Madrasah dan Kompetensi 531

Terbitnya PermendikbudRistek No. 12 Tahun 2024 menegaskan posisi kurikulum merdeka menjadi satu-satunya kurikulum yang berlaku di Indonesia. Sebelumnya masih menjadi pilihan selain kurikulum 2013. 

Walaupun dalam implementasi di satuan pendidikan tidak harus menerapkan secara langsung di setiap jenjang pendidikan. Tapi memberikan kesempatan untuk berproses sesuai kondisi dan kesiapan satuan pendidikan.

Pada jenjang pendidikan dasar dan menengah pertama, Kurikulum merdeka bisa dilaksanakan serentak di semua kelas, boleh juga secara bertahap mulai kelas 1 dan 4 di SD/MI, atau kelas 7 di SMP/MTs. 

Sedangkan jenjang SMA/MA wajib dilaksanakan secara bertahap karena ada perbedaan sistem. Dimana kurikulum merdeka tidak mengenal penjurusan sejak kelas 10, tapi mempelajari semua mata pelajaran seperti di SMP.

Saat kelas 11, peserta didik memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan potensi yang dimiliki.

Selain itu, orientasi kurikulum merdeka pada penguatan kompetensi dan karakter yang diwujudkan dalam kompetensi profil pelajar Pancasila.

Kondisi di atas membuktikan perlunya pemahaman yang lebih mendalam terkait sistem kurikulum merdeka. Walaupun tidak administratif orientid, madrasah atau sekolah perlu merancang program sesuai spirit merdeka belajar.

Peran Madrasah Yunandra 

Oleh karena itu, Madrasah Yunandra menyiapkan program-program online sebagai sarana pembelajaran madrasah. Disamping itu, memberikan kesempatan berkonsultasi atau mendapatkan bimbingan dari trainer.

sebagai pembeda, Program di madrasah Yunandra tidak lepas dari misi mempertahankan karakteristik madrasah dan menguatkan kompetensi yang dibutuhkan oleh siswa madrasah sepanjang zaman.

Karakteristik madrasah yang perlu dipertahankan dan dikembangkan di madrasah yaitu 

  1. Pelestarian ilmu-ilmu Islam 
  2. Literasi Al Qur'an 
  3. Iklim keagamaan 

Sedangkan kompetensi yang dibutuhkan oleh siswa madrasah disebut dengan Kompetensi 531 Lintas Generasi yaitu 

  1. Lima Kompetensi keagamaan yaitu adzan, doa, imam, ceramah, dan tilawah.
  2. Tiga kompetensi kebahasaan yaitu bahasa Inggris, bahasa Arab, dan menulis.
  3. Satu kompetensi teknologi yaitu teknologi komputer.

Semoga keberadaan madrasah Yunandra menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kompetensi implementasi kurikulum merdeka atau kurikulum madrasah.